Awalnya
saya bingung dengan istilah eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi yang saya
jumpai dalam RPP berkarakter saat ini. Saya sempat menanyakan maksud dari
ketiga istilah tersebut kepada beberapa rekan guru tapi jawaban yang saya
peroleh belum memuaskan. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang maksud dari
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi serta kegiatan-kegiatan yang termaksud
didalamnya saya berusaha mencari informasi melalui media internet. Hal yang
sama mungkin pernah dialami oleh beberapa guru-guru diberbagai wilayah di
Indonesia, untuk itu saya berusaha menuangkan kembali apa yang saya peroleh
melalui postingan kali ini.
Definisi eksplorasi, elaborasi dan
konfirmasi
Dalam
kamus bahasan Indonesia eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi memiliki
pengertian
a.
eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman baru dari situasi yang
baru
b.
elaborasi adalah pengarapan secara tekun dan cermat
c.
Konfirmasi adalah pembenaran, penegasan, pengesahan
pengaplikasian dalam RPP
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta
didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan, menggunakan media
untuk memperkaya pengalaman mengelolah informasi, memfasilitasi peserta didik
berinteraksi sehingga peserta didik aktif, mendorong peserta didik mengamati
gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa
lain, mengamati objek dilapangan dan laboratorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus
eksplorasi adalah:
a.
Peserta didik
- Membentuk kelompok kecil dan bersama teman kelompoknya menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah
- Mengali informasi melalui membaca, berdiskusi atau melakukan percobaan (eksperimen)
- Mengumpulkan dan mengolah data
b.
Guru
- Menggunakan berbagai macam pendekatan atau media pembelajaran
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik lainnya maupun peserta didik dengan sumber belajar
- Melibatkan peserta didik secara aktif
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta
didik untuk menulis hasil yang diperoleh melalui kegiatan eksplorasi,
mendiskusikan, mendengar pendapat untuk lebih mendalami sesuatu. Menganilisi
kekuatan atau kelemahan argument, mendalami pengetahuan tentang sesuatu,
membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, menguji
prediksi atau hipotesis, menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil
belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus
elaborasi:
1.
Peserta didik
- Melaporkan hasil yang diperoleh melalui kegiatan eksplorasi secara lisan maupun tertulis baik secara individu maupu kelompok
- Menanggapi laporan atau pendapat teman.
- Menyampaikan argument secara santun
- Mendiskusikan dan mengadakan Tanya jawab
2.
Guru
- Memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, memecahkan masalah, bertindak tanpa rasa takut
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja baik secara individu maupun kelompok.
3.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan
balik terhadap apa yang dihasilkan atau dikerjakan oleh peserta didik melalui
pengalaman belajar. Memberi apresiasi terhadap kelemahan atau kekuatan dengan
menggunakan teori yang dikuasai oleh guru, menambaha informasi yang seharusnya
dikuasai oleh peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan
pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang dipercaya untuk lebih menguatkan penguasaan
kompetensi belajar agar lebih bermakna, setelah memperoleh keyakinan, maka
peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk menghasilkan produk belajar yang
kongkrit dan kontekstual. Guru membantu peserta didik menyelesaikan masalah dan
menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus
konfirmasi
1.
Peserta didik
- Melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar
- Mengkonfirmasi terhadap unsur-unsur yang dapat meningkatkan kejelasan atau kebenaran suatu informasi
- Mengadakan Tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentan suatu konsep
2.
Guru
- Memberikan umpan balik positif kepada peserta didik dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tertulis
- Berperan sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjelaskan pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik
- Memberikan acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
trim
BalasHapusThank brow !
BalasHapustrims
BalasHapusMengamati Menanya Eksplorasi Asosiasi dan komunikasi memang bingung dalam implementasi sampai saat ini belum menemuka referensi yang cocok. tapi infonya sedikit mencerahkan.
BalasHapus